FnS Consultant
Pentingnya Pajak Dalam Berbisnis
061108600_1422934897-Ilustrasi-Pajak-150203-3-andri

Mendengar kata pajak mungkin untuk sebagian orang akan terasa seperti sebuah beban. Pajak itu sendiri merupakan suatu kontribusi yang bersifat memaksa dan harus dibayarkan oleh wajib pajak orang pribadi, badan atau pun perusahaan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu penghasilan terbesar negara berasal dari pajak. Kemajuan perekonomian suatu negara jelas bergantung pula pada sektor pajaknya. Salah satu sasaran terbesar dari pemerintah dalam pemungutan pajak adalah sebuah badan usaha atau perusahaan berpenghasilan kena pajak yang ditentukan karena menggeluti bermacam kegiatan usaha atau bisnis. Saat ini, bisnis dan pajak bagaikan dua hal yang selalu berjalan beriringan, di mana ada potensi keuntungan dari sebuah bisnis maka di situ akan ada pajak. Bagi seorang pengusaha, pajak sangatlah penting dan akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa pengaruh pajak terhadap sebuah bisnis.

Memperlancar Proses Usaha

Dengan membayar serta melaporkan pajak secara rutin tentu akan menghindarkan seorang pelaku bisnis dari denda pajak. Catatan pajak yang bersih pastinya akan membantu segala bentuk usaha yang dijalankan menjadi lancar dan aman. Bukan rahasia lagi jika banyak tempat usaha yang terpaksa tutup atau gulung tikar akibat tidak bayar pajak.

Mempengaruhi Kredibilitas Usaha

Kredibilitas dalam menjalankan suatu usaha merupakan salah satu faktor yang penting. Sebuah usaha tentu tidak akan dapat berjalan mulus tanpa adanya kepercayaan dari pelanggannya. Kredibilitas itu sendiri dapat dipengaruhi dengan catatan pajak sebuah usaha. Keterlambatan dalam pembayaran pajak serta perlaporannya dapat menorehkan catatan buruk suatu usaha atau bisnis bahkan menimbulkan masalah yang serius. Apabila catatan pajaknya buruk tentu kredibilitas suatu usaha akan ikut menurun karena dianggap tidak memiliki tanggung jawab yang baik.

Membangun Citra Usaha

Membayar pajak secara rutin dan tepat waktu beserta pelaporannya akan menunjukkan jika usaha kita memiliki keuangan yang sehat. Usaha yang memiliki keuangan sehat tentu akan memiliki citra yang baik pula.

Menunjukkan Profesionalitas

Dalam pembayaran pajak dan pelaporannya diharuskan memiliki NPWP, yakni Nomor pokok Wajib Pajak. Suatu usaha yang memiliki NPWP tentu akan terlihat profesional sehingga orang pun akan lebih tenang jika memiliki kerja sama dengan kita. Begitu pun pelanggan yang ingin memakai jasa atau membeli produk dari kita akan lebih percaya karena usaha yang dijalankan terlihat profesional.

Mempermudah Pinjaman Modal dan Menarik Investor

Ketika usaha yang jalankan berjalan lancar dan semakin maju, biasanya seorang pengusaha berkeingan untuk mengembangkan usahanya. Pengembangan usaha dapat berpotensi untuk menambah keuntungan serta memperbesar perusahaan. Dalam pegembangan usaha tentu diperlukan modal atau dana lebih. Namun, tidak semua pegusaha memiliki kemampuan untuk melakukannya, banyak yang terhalang karena keuangan yang tidak memadai. Meminjam modal dari Bank dapat menjadi sebuah solusi. Memiliki NPWP perusahaan dapat bermanfaat ketika kita membutuhkan pinjaman modal dari Bank. Biasanya NPWP menjadi salah satu syarat penting dalam kelengkapan dokumen peminjaman modal di Bank. Meski begitu, pilihan untuk meminjam modal dari Bank bukanlah satu-satunya pilihan. Adanya suntikan dana dari investor tentu dapat membantu tujuan pengembangan usaha. Suatu usaha dengan catatan pajak yang bersih merupakan modal untuk memperoleh kepercayaan investor. Perusahaan yang tidak bermasalah dengan pajak akan dianggap memiliki keuangan sehat serta transaparan. Hal inilah yang dapat memberikan daya tarik serta kepercayaan para investor untuk berinvestasi pada perusahaan.